Kamis, 27 Oktober 2011

#PerilakuKonsumen by @DenniVilla

# Perilaku Konsumen
1. Pemilik usaha tentu butuh konsumen.Tdk salah bnyk cara dilakukan utk menjaring sbnyk2nya konsumen. #PK
2. Mulai dr promosi, kasi diskon, memberikan hak istimewa dn bnyk lg. #PK
3. Jelas jg timbul istilah Pembeli adalah Raja,krn begitu pentingnya kehadiran mereka. #PK
4. Nah,dlm usaha, pertama yg perlu utk dipelajari adlah perilaku konsumen. #PK
5. Perilaku konsumen adlh tingkah laku,kebiasaan yg ditunjukkan konsumen dlm mencari, menggunakan,menilai brg atau jasa. #PK
6. Dgn kata lain apa yg akan konsumen lakukan utk mengeluarkan uang thdp brg/jasa trtentu. #PK
7. Pentingnya dipelajari perilaku konsumen ini adlh: #PK
8. 1. Utk mendesain strategi pemasaran yg sesuai thdp suatu produk/jasa. #PK
9. 2. Utk membuat segmentasi pasar. 3. Sbgai dasar utk melakukan inovasi produk/jasa. #PK
10. 4. Mempelajari karakteristik konsumen. #PK
11. 5. Mengikuti perubahan gaya hidup yg brdmpk trhdp tingkat pembelian konsumen thdp brg/jasa. #PK
12. Pahami dgn benar dimana posisi produk kt,agar lbh mudah mengetahui perilaku konsumen. #PK

Rabu, 26 Oktober 2011

#TipsMembangunMerk by @EntrepreneursID

 Tips Membangun Merk

1. Pada dasarnya merk sgt penting utk usaha apapun & utk skala bisnis brpapun, kecil/besar. Why? #TipsMembangunMerk
2. Merk sgt penting, krn logo ini akan mewakili karakter serta citra sebuah usaha or company #TipsMembangunMerk
3. Merk mjd sgt penting krn apa yg dpercaya konsumen atau consumer trust akan terwakili dr logo merk #TipsMembangunMerk
4. Merk yg dbangun dg baik akan menghasilkan long term revenue dan sustainable growth #TipsMembangunMerk
5. Ketika semakin byk pesaing di satu bisnis, maka merk sgt penting utk mewakili keunggulan bersaing #TipsMembangunMerk
6. Berikut ini tips2 membangun merk, yuk kita simak :) #TipsMembangunMerk
7. Buatlah logo merk yg sesuai dg target market dan bs mewakili karakter perusahaan #TipsMembangunMerk
8. Selain logo merk, buat juga tagline atau slogan yg mudah diingat. Slogan ini brmanfaat utk brand recall #TipsMembangunMerk
9. Komunikasikan logo merk. Tempatkan di setiap aktivitas promosi, lokasi jualan, saat event dll #TipsMembangunMerk
10. Merk bs dbangun sec efektif dr prod yg bkualitas. Ini sgt penting utk mbangun kpercayaan knsumen #TipsMembangunMerk
11. Utk mbangun merk prlu layanan yg baik ke konsumen. Jdkan konsumen sbg prioritas bs mngangkat nilai merk #TipsMembangunMerk
12. Lakukan sponsorship utk event2 atau kegiatan yg relevan/sesuai dg target market kita #TipsMembangunMerk
13. Merk yg dkagumi dan merk yg powerful adalah merk yg tdk pernah berhenti melakukan inovasi #TipsMembangunMerk
14. Anggarkan budget utk membangun merk. Merk perlu dimantain utk tetap powerful dbenak konsumen #TipsMembangunMerk

Selasa, 25 Oktober 2011

#35BusinessPlan @EntrepreneursID

Kuliah Twitter - #35BusinessPlan

1. Selalu mulai usahamu dgn keyakinan dan jgn lupa utk libatkan Tuhan. Dia yg akan memberi kesuksesan #35BusinessPlan
2. Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple ttg bisnismu, bergerak dbidang apa. #35BusinessPlan
3. Pilih jenis bisnis yg akan djalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dg skill atau minat #35BusinessPlan
4. Tentukan merek yg akan dpake. Merek ini mrupakan representasi dr bisnismu. Merek akan jd aset pnting #35BusinessPlan
5. Pilih merek yg sesuai dg karakter produk & bisnismu, usahakan yg simple, menarik dan mudah diingat. #35BusinessPlan
6. Next buat analisa SWOT: penting utk analisa lingkungan & pesaing usaha. Dan STP: utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
7. SWOT: Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dr luar) #35BusinessPlan
8. Strength: analisa kekuatan kita – misal: harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll #35BusinessPlan
9. Strength ini harus ditonjolkan dlm materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita dbanding pesaing #35BusinessPlan
10. Weakness: analisa klemahan kita – misal tdk punya lahan parkir, karyawan blum pengalaman dll #35BusinessPlan
11. Weakness ini kita antisipasi dg preparation yg lebih baik & lakukan strategi utk mngurangi klemahan #35BusinessPlan
12. Opportunity: kesempatan – misal, prod kita brpotensi utk diekspor, jenis produk msh bs berkembang #35BusinessPlan
13. Jadikan opportunity ini sbg langkah di saat mendatang utk mengembangkan bisnis agar makin sukses #35BusinessPlan
14. Threat: Ancaman dr luar – misal one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll #35BusinessPlan
15. Utk threat ini, buatlah plan b sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi #35BusinessPlan
16. Selanjutnya buat analisa STP: Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya utk fokus bisnismu #35BusinessPlan
17. Segmenting: menentukan market dg cara di bagi segmen: Lokasi, age, social class – low, medium, hi #35BusinessPlan
18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi. Diberikan produk yg brbeda jg #35BusinessPlan
19. Segmenting ini utk mnentukan target market: shingga strategi produk kita bs sesuai dg target market #35BusinessPlan
20. Targeting: Pemilihan market dari segmen2 yg sudah ditentukan. Sehingga strategi bs fokus #35BusinessPlan
21. Setelah Segmenting dan Targeting dtentukan, selanjutnya Positioning: Gambaran dr bisnis kita #35BusinessPlan
22.Positioning ini cthnya: D’cost – seafood dg harga trjangkau. Shingga image ini trtanam dbenak knsumen #35BusinessPlan
23. Selanjutnya persiapkan 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve #35BusinessPlan
24. Konsep produk harus disiapkan dg detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll #35BusinessPlan
25. Tetapkan harga yg sesuai dg analisa keuntungan. Sesuaikan harga dg target market yg dtuju #35BusinessPlan
26. Strategi pricing: harus value for money utk konsumen – harga sesuai dg kualitas yg dtawarkan #35BusinessPlan
27. Place: jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yg akan brkunjung #35BusinessPlan
28. Promosi: persiapkan strategi promosi dg baik – offline strategi (brosur, print ad, sales promo) #35BusinessPlan
29. Promosi yg lowcost tp impactful – online strategi: social media – fb, twitter, blog, youtube #35BusinessPlan
30. People: psiapkan karyawan-training dg baik, krn playanan dr karyawan sgt mnentukan kpuasan konsumen #35BusinessPlan
31. Process: dlm bid jasa misal resto hrs dipsiapkan prosedur proses pmbuatan makanan dr awal hgga akhir #35BusinessPlan
32. Physical evidence: persiapkan smua peralatan, perlengkapan utk usaha. Gunakan kualitas tbaik #35BusinessPlan
33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kpn BEP #35BusinessPlan
34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching #35BusinessPlan
35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dpersiapkan dg didampingi mentor atau yg sudah brpengalaman.



Senin, 24 Oktober 2011

#REM @KataJURAGAN

Kuliah Twitter - #REM
1. Bisnis adlh kendaraan u/ mencapai 7an kita. Ibarat sebuah mobil, yg akan membawa kita mencapai 7an lebih cepat. #REM
2. U/ memulai suatu perjalanan bisnis anda, tentu yg pertama diperlukan adlh GAS, krn tanpa injak GAS anda tak akan jalan. #REM
3. Maka dari itu, para motivator ataupun provokator sangat menganjurkan u/ action, action & action. #REM
4. Meskipun kadang u/ actionpun masih bingung mulainya darimana? Siapa hayyo? Yg baca buku Tepok, hrsnya udah bisa action! #REM
5. Nah, stlh anda action, apakah akan mencapai tujuan anda? Sukses, berkelimpahan, bebas finansial? Boro2, bangkrut iyee. #REM
6. WHY? Apakah benar otak kanan saja cukup? Apakah benar jika otak kanan jalan, kiri ngikut jalan? Gak selalu! #REM
7. Jikapun otak kirinya jalan, biasanya stlh bangkrut duluan! Why…? #REM
8. Logikanya, jika anda bisnis, otak kanan atau keberanian adlh peGASnya & kiri adlh REMnya. #REM
9. Tentu saja kalo bisnis mau jalan harus injak GAS. Tapi tanpa REM, anda akan kebablasan atau nabrak di tikungan. #REM
10. Siapa hayyo yg pernah ngalami action buta, berujung fatal? Bhkn ada yg salah arti, buka bisnis langsung bermalas2an. #REM
11. Lantas, apa REM dlm bisnis itu? Sistem kontrol! Yup, namanya juga REM, gunanya agar kita tdk tabrak sana, tabrak sini. #REM
12. Dg menggunakan REM dlm bisnis, saat di tikungan, anda bisa pelankan. Saat menyalip, tancap GAS lagi. #REM
13. Ada istilah “menyalip di tikungan”. Mungkin awalnya dia kalah cepat, tapi saat lawan kebablasan, dia bisa menyalipnya. #REM
14. Byk saya temuin, trmsk kesalahan sy berbisnis dulu, tancap gas gila2an. Ujung2nya malah gak sampai2. #REM
15. Tapi skrg dg formula ‘bijak’ dlm berinvestasi (bkn sekedar buka & expan terus), malah sampai tujuan (bebas finansial). #REM
16. Sy ingat pepatah Cina,”Salut kpd org yg pandai mencari uang, tapi lbh salut kpd org yg bisa menjaga uang” #REM
17. Control System adlh manajemen, yg terutama di bag keuangan!!! Percuma saja omset besar, jika bocornya juga besar. #REM
18. Spt pernah sy bahas di materi Anti Bangkrut, pisahkanlah org akunting dg kasir, u/ menghindari kebocoran. #REM
19. Hindari uang ‘menginap’ di karyawan, apalagi org sales (empati). Pilihlah kasir yg kaku & kurang empati (tegas). #REM
20. Jgn setiap keuntungan anda inveskan “secara emosional” di bisnis yg sama! Sayapun memilih membeli franchise org lain. #REM
21. Asuransi sangat penting u/ memproteksi diri & hutang2 anda, jika anda meninggal. Sy tak prefer menabung di asuransi :p #REM
22. Inves sbgn di properti (prefer tanah), krn bangunan terdepresiasi. Kecuali nilai sewanya diatas 10% dari harga belinya. #REM
23. Ingat rumus: 1.No Risk,No Gain 2.Low Risk,Low Gain 3.High Risk,High Gain!!! Pilih & tanggung resikonya! #REM
24. Investasi yg Low Risk High Gain, pasti tak akan lama! Krn pasti org akan mulai berduyun2, spt borong2 emas saat ini. #REM
25. Bijak itu pasti lbh baik dari Serakah! Gunakan Gas & Rem pada tmptnya, tepat porsinya… #REM
26. Pilihan investasi bisnis saya, rata2 memberikan return 3,5-5%/blnnya, alhamdulillaah stabil, krn orgnya amanah, bkn ngobral janji! #REM
27. Yg terpenting dlm investasi bisnis atau franchise adlh ‘kredibilitas’ ownernya, BUKAN BEP CEPAT DIATAS KERTAS!!! #REM
28. Mungkin anda bisa injak GAS dg memFRANCHISEkan usaha anda lbh awal. Iya! Tapi dg NABRAK2 org lain!–>Itukah Sukses? #REM
29. Buat apa anda kaya, tapi banyak org menyumpahi anda & kelg anda tiap harinya? #REM
30. Jgnlah berfikir KAYA INSTAN, berfikirlah KAYA PASTI! Stlh itu–> Bayar Harganya! #REM